Makanan Aman dan Baik sebagai Penambah Darah Selama Masa Kehamilan

Memilih makanan yang baik dan benar sangat harus diperhatikan, Oleh karena itu, seorang ibu yang sedang hamil sangat penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsinya karena sangat mempengaruhi kesehatannya. Misalnya saat hamil, di dalam tubuh ibu akan terjadi pembentukan sel darah merah untuk janin yang ada di dalam kandungannya jadi makanan bergizi sebagai penambah darah untuk ibu hamil sangat penting peranya. Jika ibu tidak menerima makanan yang cukup untuk pembentukan sel darah merahnya, maka ibu dapat mengalami kehilangan darah. Pasti ibu tidak menginginkan hal ini kan?

Anda mungkin sudah mengenal dan mengetahui banyak jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, lauk pauk dan lain-lain sebagai penambah darah. Namun, ketahuilah bahwa memberi makanan kepada orang biasa dengan ibu hamil akan cukup berbeda untuk menambah darah. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan berbeda karena ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi. Jadi, ibu dan keluarga pendamping harus selektif dalam memberikan jenis makanan tertentu yang baik untuk membantu memenuhi kebutuhan darah dalam tubuh.

Saat ini tidak jarang ibu hamil terkena anemia yang merupakan gangguan penyakit akibat kekurangan darah. Sebenarnya anemia bisa diatasi dengan baik melalui asupan yang baik. Ibu tidak perlu mengonsumsi obat penambah darah, melainkan lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa mencoba makan buah-buahan. Selain enak dan mengandung banyak nutrisi, buah-buahan tidak akan membuat ibu sakit karena proporsinya yang pas.

Ada berbagai jenis buah yang dianjurkan untuk mengatasi kekurangan darah pada ibu hamil. Beberapa diantaranya dinilai dari kandungan dan nutrisinya yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Selain sebagai penambah darah, tentunya masih banyak lagi manfaat dan khasiatnya. Nah, jika ingin mengetahui buah apa saja yang termasuk dalam buah penambah darah khusus ibu hamil, uraian di bawah ini akan memberikan penjelasan singkatnya. Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Pisang

Pisang selanjutnya adalah nama buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena buah yang memiliki warna kulit kuning saat matang ini telah memberikan banyak kalori dan serat yang dibutuhkan untuk energi bagi ibu hamil. Ibu tidak akan mudah lelah dan potasium dalam pisang juga membantu dalam menjaga tekanan darah ibu akan tetap normal. Jika ditelisik lebih jauh, pisang mengandung asupan nutrisi yang cukup dan dilaporkan dapat mencegah ibu mengalami anemia selama kehamilan. Selain itu buah ini sangat mudah dicerna sehingga bisa menjadi makanan alternatif saat ibu mual atau muntah.

2. Alpukat

Buah untuk ibu hamil adalah buah alpukat yang pertama. Dari kandungan dan nutrisi yang dimiliki buah ini sangat baik untuk dikonsumsi. Dimana alpukat kaya akan Vitamin C, Vitamin B, Kalium dan asam folat. Nah, berkat kandungan nutrisinya yang melimpah dapat membantu ibu hamil untuk mengurangi adanya morning sickness, membantu perkembangan otak, jaringan bayi, saraf otak, serta meningkatkan kadar darah bagi ibu dan janin.

Satu hal yang perlu ibu ingat, bahwa alpukat ini mengandung lemak yang cukup tinggi. Jadi makanlah secukupnya dan jangan terlalu banyak. Misalnya, makan alpukat tidak lebih dari 1 buah per hari.

3. Jambu biji

Sumber terbaik berikutnya adalah jambu biji. Kandungan nutrisi pada buah ini sangat melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan ibu akan Vitamin A, Serat, Fosfor dan Kalium. Buah ini juga bisa dikatakan sebagai alat untuk bisa mengontrol kadar gula darah dan memenuhi nutrisi penambah darah dalam tubuh. Adapun khasiat Vitamin C dan A yang dimilikinya sebagai antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas yang jika dibiarkan dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan janin. Jambu biji sendiri bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung atau bisa juga dibuat jus.

4. Mangga

Buah yang sudah terkenal khasiatnya ini memang sangat bergizi. Khusus untuk ibu yang sedang hamil juga bisa menjadikan buah mangga sebagai salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Di dalam buah mangga terdapat kandungan yang baik seperti potasium yang tinggi, Vitamin dan Vitamin C. Jika kita melihat manfaatnya sangat beragam mulai dari potasium yang berfungsi sebagai faktor untuk menjaga tekanan darah dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Sedangkan untuk vitamin C berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang juga dapat meningkatkan stamina dalam tubuh. Kemudian vitamin A adalah antioksidan dan membantu dalam penglihatan, sistem saraf pada bayi dan juga sistem kekebalan tubuh. Tak kalah pentingnya, buah mangga juga mengandung serat yang baik untuk mencegah sembelit bagi ibu hamil.

5. Jeruk

Jenis buah berikut ini tidak mau kalah dengan jenis buah lainnya yang memiliki banyak manfaat seperti menambah darah untuk ibu hamil. Mungkin, Anda lebih mengenalnya sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi pada proses kehamilan yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan ibu. Selain itu Jeruk juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga nantinya tidak mudah sakit dan lelah.

6. Blueberry dan Stroberi

Mungkin buah yang satu ini belum terlalu familiar atau dikenal oleh masyarakat umum. Buah yang termasuk dalam kelompok berry ini sebenarnya baik untuk kesehatan ibu hamil. Sebab, di dalam buah ini terdapat Kalium, Vitamin C, dan folat yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah yang diperlukan dan untuk keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf dan kontraksi otot. Selain dari kandungan folat dan vitamin C pada buah beri memiliki khasiat untuk dapat mencegah adanya kekurangan darah pada ibu hamil. Buah berry ini juga mengandung serat demi kelancaran perencanaan ibu hamil.

7. Pir

Sebenarnya buah pir ini sendiri merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Misalnya kandungan potasium yang terkandung dalam buah pir dapat membantu dalam proses regenerasi sel dalam tubuh ibu dan juga bayi. Selain itu, buah ini juga dikenal sebagai makanan yang baik untuk melawan sembelit karena merupakan sumber serat yang baik.

8. Semangka

Selanjutnya buah yang baik untuk kesehatan ibu, termasuk menjaga kadar kebutuhan darah dan cairan adalah semangka. Buah ini sangat kaya akan air. Dengan mengkonsumsi buah semangka setidaknya akan membantu dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, dapat menghilangkan rasa haus dan mencukupi asupan vitamin seperti C, A, B6, Kalium dan magnesium. Makan buah semangka juga bisa menangkal morning sickness. Selama trimester terakhir kehamilan juga dipercaya dapat mengurangi pembengkakan pada tangan dan kaki serta mencegah kram otot.

9. Lemon

Kalau sebelumnya melon, yang ini berbeda hanya saja namanya agak mirip. Ya, ini adalah lemon. Kandungannya hampir sama dengan jeruk yang banyak mengandung vitamin C dan cairan yang bisa mengatasi dehidrasi pada ibu hamil. Lemon juga berkhasiat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah pada ibu hamil dan mampu membersihkan sistem pencernaan dengan baik. Selain itu kandungan lain yang meliputi kalsium, potasium dan magnesium dapat meningkatkan pertumbuhan tulang janin dalam kandungan ibu.

Comments are closed.